Kamis, 26 Februari 2009

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT TK dan SD



1. Mata Pelajaran Bahasa Arab Terjemah
A. Latar Belakang

Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.

Pembelajaran bahasa Arab Terjemah diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menghayati secara sederhana isi kandungan surat-surat dalam juz ‘amma dan ayat Al-Qur’an dan hadits tertentu dan serta doa-doa dalam amaliah ibadah sehari-hari.

Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Arab Terjemah merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan terhadap isi kandungan Al-Qur’an dan doa-doa dalam amaliah ibadah sehari-hari. Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan menghayati bacaan Al-Qur’an, Hadits dan Doa.


B. Tujuan

Mata pelajaran Bahasa Arab Terjemah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mampu menulis arab dengan kaidah penulisan huruf arab yang benar
2. Mampu mengartikan kalimat demi kalimat dalam setiap bacaan yang dipelajari untuk selanjutnya mampu mengartikan dan menterjemahkan bacaan-bacaan tersebut melalui pemahaman arti yang telah dikuasai.
3. Mampu mengambil hikmah yang terkandung dalam bacaan yang dipelajari dan mengetahui kisah serta asbabun nuzul / asbabul wurud-nya.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Arab Terjemah mencakup komponen kemampuan berbahasa sebagai berikut:
1. Menulis
Kemampuan menulis arab meliputi kegiatan:
a. Menulis huruf hijaiyah (Menebalkan dan menirukan)
b. Sambung (awal, tengah dan Akhir)
c. Fathah, Kasroh dan dummah
d. Tanwin (fathahtain, kasrotain dan dummatain)
e. Ta’ marbutoh
f. Huruf Mati
g. Mad Liin

2. Menterjemah
Menterjemah meliputi kegiatan menterjemah
a. Al-Qur’an (jus ‘Amma dan surah atau ayat pilihan)
b. Hadits Pilihan
c. Doa amaliah harian (Bacaan Shalat, zikir dan doa)

D. Metode
Metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab Terjemah meliputi:
1. Latihan
2. Demonstrasi
3. Tanya Jawab
4. Cerita

E. Sarana, Media dan Sumber Belajar
Saran dan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab terjemah meliputi:
1. Buku Paket
2. Kartu Huruf
3. Kartu Kata
4. Al-Qur’an Terjemah
5. Kitab-Kitab Tafsir
6. Kamus Bahasa
7. Ulum Al-Qur’an

F. Evaluasi
Kegiatan Evaluasi pada pelajaran Bahasa Arab Terjemah melalui dua tes evaluasi yaitu:
Tes Lisan
Tes Tertulis

G. Standar Operasional Pengajaran
Standar Operasional Pengajaran (SOP) Bahasa Arab Terjemah adalah sebagai berikut:
Mengucap Salam
Bertanya Kabar
Absensi
Melakukan Apersepsi
Mengulang materi sebelumya
Bercerita
Menumbuhkan Rasa ingin Tahu dan manfaat mempelajari
Tanya Jawab
Cepat tepat
Kegiatan Kegiatan Inti
Kegiatan Menulis
Kegitan Menterjemahkan
Latihan
Menulis
Menterjemahkan
Kegiatan Penutup
Membuat kesimpulan
Melakukan kegiatan tindak lanjut
i. Tugas Mandiri
ii. Muhasabah

H. Lampiran-Lampiran
Standar Isi Bahasa Arab Terjemah Taman Kanak-Kanak
Standar Isi Bahasa Arab Terjemah Sekolah Dasar


Lampiran 1
Standar Isi Bahasa Arab Terjemah Taman Kanak-Kanak


KELAS
SMT
MENULIS
MENTERJEMAH
KET
AL-QUR’AN
HADITs
DOA
TK A
1
§ Menebalkan huruf hijaiyyah dari ٲ (alif) sampai خ (Kho’)
-
-
-

2
§ Menebalkan huruf hijaiyyah dari د (dal) sampai ش (syuin)
-
-
-

TK B
1
§ Menebalkan huruf hijaiyyah dari ص (Shod) sampai ك (Kaf)
-
-
-

2
§ Menebalkan huruf hijaiyyah dari ل (Lam) sampai ي (Ya’)
-
-
-


Catatan:
Tatap muka yang dimaksud adalah tatap muka khusus penyampaian materi dan latihan.Lampiran 2
Standar Isi Bahasa Arab Terjemah Sekolah Dasar


KELAS
SMT
MENULIS
MENTERJEMAH
KET
AL-QUR’AN
HADITs
DOA
KLS I
1
§ Menebalkan dan menirukan huruf hijaiyyah dari huruf أ (alif) sampai huruf ش (Syuin)
-
§ Jaga Lisan
§ Makan Minum
§ Tidak Boleh Marah
§ Kasih Sayang
-

2
§ Menebalkan dan menirukan huruf hijaiyyah dari huruf ص (Shod) sampai huruf ي (Ya’)
-
§ Senyum
§ Kebersihan
§ Shalat
§ Surga
-

KLS II
1
§ Sambung awal
§ Sambung tengah
§ Sambung akhir
§ Fathahtain
§ Kasrohtain
§ Dhumahtain
-
§ Belajar Al-Qur’an
§ Menuntut Ilmu
§ Doa
§ Niat
-

2
§ Tanwin ( fathatain, kasrotain, dhomatain )
§ Ta’marbutoh
§ Huruf mati
§ Mad Liin
-
§ Puasa Romadlan
§ Keindahan
§ Berbuat Baik
§ Sebarkan Salam
-

KLS III
1
§ Al fatihah
§ An naas
§ Al falaq
§ Al ikhlas
§ Doa Salam
§ Doa Iftitah
§ Al fatihah
§ An naas
§ Al falaq
§ Al ikhlas
§ Silaturrahmi
§ Kunci Surga
§ Menutup Aurat
§ Berkata Baik
§ Doa salam
§ Doa iftitah

2
§ Al Lahab
§ An Nashr
§ Al Ka firun
§ Al Kautsar
§ do’a belajar
§ do’a makan
§ Al Lahab
§ An Nashr
§ Al Ka firun
§ Al Kautsar
§ Membantu Saudara
§ Mencari Ilmu
§ Mengasihi
§ Mahir membaca al-qur’an
§ do’a belajar
§ do’a makan

KLS IV
1
§ Surat Al Ma’un
§ Surat Al-Quraisy
§ Surat Al Fiil
§ Surat Al Humazah
§ Bacaan sholat
§ Surat Al Ma’un
§ Surat Al-Quraisy
§ Surat Al Fiil
§ Surat Al Humazah

§ Larangan memutus silaturrahmi
§ Menghormati tamu
§ Adab Makan
§ Larangan berbicara dalam shalat
§ Bacaan ruku’
§ Bacaan i’tidal
§ Bacaan sujud
§ Bacaan duduk diantara 2 sujud


2
§ Surat Al ‘Ashr
§ Surat At Takatsur
§ Surat Al Qori’ah
§ Surat Al ‘Adiyat
§ Bacaan Shalat
§ Surat Al ‘Ashr
§ Surat At Takatsur
§ Surat Al Qori’ah
§ Surat Al ‘Adiyat

§ Memenuhi panggilan Allah
§ Orang yang paling dicintai Allah
§ Mengasihi adik kakak
§ Orang terbaik

§ Bacaan tasyahud awal
§ Bacaan tasyahud akhir

KLS V
1
§ Al Zalzalah
§ Al Bayinah
§ Al Qodar
§ Al Alaq
§ At Tiin
§ Doa masuk dan keluar kamar mandi
§ Doa masuk dan keluar masjid
§ Doa masuk shof
§ Doa berpakaian
§ Al Zalzalah
§ Al Bayinah
§ Al Qodar
§ Al Alaq
§ At Tiin

§ Mencintai sesama muslim
§ Ridho Allah
§ Zakat
§ Larangan memelihara anjing
§ Doa masuk dan keluar kamar mandi
§ Doa masuk dan keluar masjid
§ Doa masuk shof
§ Doa berpakaian

2
§ Surat Al Insyiroh
§ Surat Ad Dhuha
§ Surat Al Mukminun : 1 - 11
§ Surat An Nisa : 36, 38, 69
§ Sesudah wudhu
§ Sesudah adzan
§ Naik kendaraan

§ Surat Al Insyiroh
§ Surat Ad Dhuha
§ Surat Al Mukminun : 1 - 11
§ Surat An Nisa : 36, 38, 69

§ Muadzin
§ Shalat, sedekah dan sabar
§ Terima kasih
§ Puasa jadi safa’at
§ Sesudah wudhu
§ Sesudah adzan
§ Naik kendaraan


KLS VI
1
§ Bacaan dzikir
§ Al Isro’ : 23-24
§ Pemantapan bacaan-bacaan sholat
-
-
§ Pemantapan bacaan-bacaan sholat

2
§ Makna / arti bacaan sholat


-
-
§ Pemantapan makna / arti bacaan sholat



Catatan:
Tatap muka yang dimaksud adalah tatap muka khusus penyampaian materi dan latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar