Kamis, 26 Februari 2009

Menjadikan guru "SEHAT" dan "KAYA"

Jika anda mempunyai guru yang tidak mau meningkatkan kualitas dirinya, maunya gaji naik terus, target tidak pernah tercapai, atau guru kurang bergairah dalam mengajar, maka sebaiknya ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki,

berikut adalah alternatif terutama bagi anda yang hendak mendirikan sekolah atau ingin mengatur gaji/upah guru atau pekerja:
1. Niatkan ingin membuat mereka menjadi lebih baik secara kompetensi, kesejahteraan dan spiritual
2. Berikan gaji sekedarnya (gaji pokok maksudnya) tapi perbesar pendapatan mereka melalui penghargaan terhadap karyanya, misalnya jika dia membuat soal, LKS, buku, atau modul-modul ataupun desain-desain yang memberi kemudahan kepada sekolah. berikan harga yang cukup menggiurkan namun tepat dijangkau oleh sekolah.
3. lakukan pembinaan ruhiyah secara sungguh-sungguh, karena tidaklah mungkin Allah akan meridhoi perjuangan sekolah anda jika guru dan pengelolanya jauh dari Tuhan yang maha memberi dan pemilik ilmu.
4. Pastikan guru anda merasa nyaman bekerja, jaga tutur kata anda kepada mereka, karena kualitas ilmu yang diterima anak-anak akan sangat dipengaruhi keikhlasan mereka bekerja.

IKHLAS itu: mau memberi lebih dari yang diminta. meskipun lebihnya itu dari segi pelayanan maupun respon, apa lagi materi dan tenaga.

semoga bermanfaat.
salam PENDIDIKAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar