Rabu, 25 Februari 2009

RANCANGAN
ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA
KOMITE KELAS




KELAS .............................

2008PEDOMAN KERJA KOMITE KELAS
SEKOLAH DASAR ISLAM BUNGA BANGSA SAMARINDA



MUKADIMAH

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda secara terus menerus berupaya untuk melakukan pembenahan dalam semua aspek managemen. Mulai aspek guru, perangkat kurikulum dengan segala metode dan evaluasinya serta management pendidikannya, faktor dana, sarana dan prasarana serta fasilitas fisik lainnya.

Bagian penting lain yang juga harus terus didorong partisipasinya adalah fakor keterlibatan orang tua atau wali murid dalam mensukseskan program pendidikan. Oleh karena itu SD Islam Bunga Bangsa berusaha mengoptimalkan partisipasi orang tua/wali murid dengan membentuk suatu badan/komite dengan maksud agar ikut membantu kelas dalam pembinaan murid, melakukan evaluasi terhadap program kelas serta kegiatan sosial kelas lainnya. Badan/ komite yang dimaksud adalah KOMITE KELAS.

BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1

Nama

Badan ini bernama Komite Kelas Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa atau Komite Kelas


Pasal 2
Arti, Tujuan dan Tugas

Komite Kelas SD Islam Bunga Bangsa adalah badan yang dibentuk oleh Wali Kelas pada kelas tertentu dengan tujuan untuk membantu wali kelas dalam pembinaan murid, melakukan evaluasi terhadap program kelas serta kegiatan sosial kelas lainnya.

Pasal 3
KEGIATAN

Untuk dapat mencapai tujuan yang tersebut dalam pasal 2 maka Komite Kelas melaksanakan kegiatan yang meliputi: :
Menyelenggarakan kursus Al Qur’an untuk orang tua/wali murid pada kelas masing-masing tanpa mengganggu program dan kebijakan sekolah.
Sebagai pelaksana kegiatan Parenting Skill Class yang diperuntukkan bagi internal wali murid di kelas yang bersangkutan.
Mengadakan diskusi dan pengajian dengan tujuan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan orang tua wali murid kelas masing-masing guna menggapai keluarga yang sakinah mawadah warahmah.
Mendayagunakan anggota komite kelas dalam hal profesinya guna menunjang pembelajaran kontekstual untuk menambah wawasan siswa yang secara teknis pelaksanaanya dikoordinasikan dengan Kepala Sekolah.
Mengadakan kegiatan sosial dalam bentuk penghimpunan dana untuk membantu korban bencana dengan berkoordinasi kepada Kepala Sekolah.

BAB II
SUSUNAN ORGANISASI
Pasal 4
Keanggotaan

Pengurus Komite Kelas SD Islam Bunga Bangsa berasal dari para wali murid di dalam kelas Masing-masing.

Pasal 5
Pimpinan dan Kelengkapannya

Komite Kelas SD Islam Bunga Bangsa dipimpin oleh seorang ketua dan wakil ketua, seorang sekretaris, seorang bendahara dan dibantu oleh anggota.

Pasal 6
Hubungan dan Tata Kerja

Kepengurusan Komite Kelas bertanggungjawab kepada Wali Kelas.
Dalam Melaksanakan fungsi dan tugasnya Komite Kelas selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Wali Kelas.

Pasal 7
Masa Jabatan

Kepengurusan Komite Kelas mempunyai masa jabatan 1 (satu) Semester.
Pengurus yang telah habis masa jabatannya dapat dipilih dan diangkat kembali sesuai dengan keputusan Rapat Komite Kelas.
Penggantian pengurus dilakukan dengan serah terima jabatan oleh pimpinan lama kepada pimpinan yang baru dengan berita acara.
Pengukuhan pengurus Komite Kelas dilakukan wali kelas dan disetuji oleh Kepala Sekolah melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah.


Pasal 8
Keuangan

Sumber keuangan Komite Kelas berasal dari Anggota
Pembukuan keuangan dan penyimpanannya dilakukan oleh bendahara komite kelas.
Bendahara Komite Kelas memberikan laporan penerimaan keuangan Komite Kelas pada setiap bulan atau minimal setiap triwulan.
Pengeluaran dan penggunaan dana Komite Kelas harus disetujui oleh ketua Komite Kelas dan Wali Kelas serta diketahui oleh Kepala Sekolah.

BAB III
PENUTUP

Terhadap Pedoman Kerja Komite Kelas ini, dimungkinkan adanya perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan yang akan diatur dan dibuat kemudian.
Segala sesuatu yang belum diatur dalam Pedoman Kerja Komite Kelas ini akan diambil kebijakan dengan Musyawarah antara Ketua Komite Kelas, Wali Kelas dan Kepala Sekolah


Ditetapkan di : Samarinda
Pada tanggal : Juli 2008

Wali Kelas ......................



.........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar